BUKIT LAWANG

Bukit Lawang artinya " PINTU ke BUKIT adalah sebuah nama desa kecil tempat/objek wisata air sungai penggunungan yang jernih dengan alam yang alami dan merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan yang berada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 90 km di sebelah barat laut kota Medan, sebagian besar penduduknya bersuku Melayu dengan mata pencarian berdagang dan bertani. Jarak tempuh dari Kota Medan memakan waktu kurang lebih 3 Jam baik dengan kenderaan roda 4 ataupun roda 2. BUKIT LAWANG berada dalam lingkup kawasan Hutan Lindung Taman Gunung Leuser yang merupakan bagian dari Penggunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau SUMATERA.
    mahluk primata "orang utan"


    BUKIT LAWANG adalah merupakan salah satu tempat terbaik di dunia bagi pencinta hewan primata langkah dan hampir punah si Orang Hutan. Bukit lawang yang merupakan pintu gerbang ke dalam hutan Sumatera yang legendaris yang memiliki medan licin dan lereng curam serta berlumpur, dengan alam yang indah menjadi tempat pusat Rehabilitasi Orangutan. Pusat Rehabilitasi Orangutan ini berdiri sejak tahun 1973 dan hingga kini telah menarik pengunjung dari seluruh dunia  untuk melihat sekilas makhluk primata langkah ini.
  


  PERJALANAN MENUJU OBJEK WISATA ALAM BUKIT LAWANG BUKIT LAWANG
 adalah salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi di Provinsi Sumatera Utara, untuk melepaskan beban pekerjaan dan melepaskan diri dari aroma penatnya kota. Pada hari- hari libur seperti hari minggu atau libur hari - hari besar  banyak wisatawan lokal maupun luar berkunjung ke tempat ini menikmati udara pegunungan yang segar, bermain air sungai yang mengalir jernih dari Gunung Leuser, serta menikmati petualangan di dalam hutan untuk mencari keberadaan Orang Utan. Daya tarik dari Bukit Lawang inilah yang membuat banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Sumatera Utara, untuk melihat langsung keberadaan lebih 35.000 Orang Utan, dan spesies lain seperti monyet, harimau, babi hutan, burung, yang hidup liar di dalam hutan yang seluas 2 juta hektar lebih.



HAL-HAL YANG ASYIK DI LAKUKAN SAAT BERWISATA KE BUKIT LAWANG

    Cukup melelahkan memang perjalanan wisata ke Bukit Lawang ini jika menggunakan angkutan umum, namun pasti akan terobati begitu kita sampai di Wisata Alam Bukit Lawang karena kita akan langsung disungguh aliran sungai yang jernih dan keramaian pengunjung. Setelah beristirahat sebentar di penginapan, langsung lanjud dengan kegiatan yang mengasyikkan, seperti :

 
  1.  Mandi - mandi sepuasnya di air sungai yang jernih

        Anda menelusuri jalan yang mengikuti pinggiran sungai untuk melihat dan memilih tempat untuk mandi - mandi di air sungai yang mengalir dari Gunung Leuser ini. Setelah menemukan tempat yang pas, kejernihan dan kesejukan air sungai ini , langsung saya nikmati, mandi - mandi disini sangatlah asyik. Jika angin berhembus kencang, kita dapat menyaksikan daun - daun berguguran dari pohon-pohon yang mendulang di perbukitan.

    2.  Memberi makan orang hutan

        Setelah puas - puas mandi di air sungai , lanjut dengan memberi makan Orang Utan, (sehari bisa dilakukan pada dua kali yaitu jam 10 pagi dan 4 sore). Lokasi pemberian makannya orang utan ini tidak begitu jauh jika ditempuh dengan jalan kaki dari pinggiran sungai.

    3.   Menikmati Kuliner

        Sebagian besar penginapan memiliki restoran, sehingga bisa meminta pemilik penginapan untuk menyediakan makanan. Sepanjang sungai, ada beberapa kafe kecil. Anda bisa menikmati salad buah, nasi goreng dan makanan ringan.

    4.  Treking di siang hari atau dimalam hari

        Treking di malam hari adalah favorit para pengunjung di wisata alam bukit lawang, kebanyakan pengunjung memilih perjalanan dua hari untuk dapat memiliki kesempatan melihat orangutan dan satwa liar lainnya di habitat alami mereka. Petualangan ini berbahaya bagi wisatawan yang sendirian melakukan treking di hutan sehingga setiap perjalanan harus dibimbing oleh seorang pemandu yang berpengalaman.

        Pastikan Anda memberitahu pemandu jika ingin melihat tanaman atau hewan tertentu. Harga untuk perjalanan treking termasuk makanan dasar, biaya pemandu, izin dan peralatan berkemah. Pastikan Anda juga meminta pemandu Anda untuk mengunjungi gua kelelawar.

        Perjalanan treking menelusuri hutan malam hari ini, membutuhkah stamina fisik yang fit. Jika kondisi fisik kurang fit lebih baik melakukan treking selama beberapa jam dilakukan di siang hari. Anda dapat meminta pemandu untuk membawa Anda dalam perjalanan selama beberapa jam. Ada juga sejumlah perjalanan singkat sekitar Bukit Lawang yang tidak memerlukan pemandu atau izin.

        Kemudian pada titik yang sudah disepakati , pulang jangan lagi berjalan kaki tetapi rasakan arus Sungai Bohorok dengan menggunakan perahu karet. Kegiatan ini harus dilakukan di bawah pengawasan pemadu berpengalaman karena arus di sini sangat kuat.

    Maka, jika Anda berencana untuk berkunjung ke Sumatera Utara, masukan objek wisata alam Bukit Lawang menjadi salah satu tujuan wisata Anda di Sumuatera Utara. Karena pengalaman trekking di tengah hutan sambil mencari keberadaan Orang Utan akan sulit Anda temukan di daerah lainnya selain di Bukit Lawang. Dan menakjubkan. menjelajahi hutan di sini adalah petualangan yang menkjubkan. Perjalanan melalui hutan yang rimbun akan mendebarkan dan Anda akan masuk dalam dunia baru.

    Asiknya ber wisata ke Bukit Lawang, semoga dapat menambah referensi bagi Anda  dalam menyusun rencana kegiatan jika  ingin menikmati hari libur di wisata alam BUKIT LAWANG


Tidak ada komentar:

Posting Komentar